Loader
 

Menteri Ketenagakerjaan: Produktivitas SDM Penting dan Dibutuhkan dalam Investasi

Menteri Ketenagakerjaan: Produktivitas SDM Penting dan Dibutuhkan dalam Investasi

Metro, Suara.com- Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, menyatakan bahwa selain berinvestasi, produktivitas SDM juga sangat penting. Tanpa tenaga kerja yang produktif dan terampil, tidak ada negara yang dapat menarik investasi secara efektif. Ia berpendapat bahwa komponen kunci dari masa depan dunia kerja adalah berinvestasi di sektor-sektor yang menyediakan lapangan kerja yang adil dan berjangka panjang.

Hal tersebut  diungkapkan Menaker saat memberikan sambutan pada B20-G20 Dialogue: The Future of Work and Education Task Force, di Yogyakarta, Senin (15/8/2022) malam.

Menaker Ida mengatakan, Indonesia harus terus mendorong investasi dalam pertumbuhan ekonomi negara. Investasi yang baik harus membantu negara mencapai tujuan dasarnya dengan menciptakan lapangan kerja, mendorong transfer pengetahuan dan teknologi, membangun kapasitas sumber daya manusia, meningkatkan produktivitas, dan berkontribusi pada perekonomian nasional.

Menurutnya, otomatisasi dan digitalisasi mengalami perubahan  besar di dunia, sehingga memerlukan pekerja yang mudah beradaptasi dan kreatif serta inisiatif pemerintah untuk mendorong pengembangan keterampilan dan pembelajaran seumur hidup.

“Perubahan ini juga menjadi kesempatan mempromosikan pekerjaan yang lebih berkualitas dalam memberikan pelindungan sosial bagi pekerja,” ucapnya.

Ida juga menegaskan, Kementerian Ketenagakerjaan siap untuk bekerja sama dalam menciptakan kondisi terbaik bagi pekerja dan pengusaha di dunia.”Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, mulai dari Pemerintah, Organisasi Pengusaha dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB),” ujarnya.

Menurut ida Presidensi G20 Indonesia menempatkan tujuan utama dari Kelompok Kerja G20 bidang Ketenagakerjaan di bawah adalah untuk menjamin pemulihan ekonomi yang cepat dari pandemi COVID-19 dan untuk mewujudkan Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030.

“Kerja sama internasional melalui G20 harus lebih berkontribusi dan relevan dengan kebutuhan negara,” pungkasnya.

Sumber: https://metro.suara.com/read/2022/08/16/100200/menaker-produktivitas-sdm-penting-dandibutuhkan-dalam-investasi
No Comments

Post A Comment