Loader
 

Menaker Harap Peran Advokasi di Bidang Ketenagakerjaan Saat Menghadiri Kongres Ulama Perempuan Indonesia.

Menaker Harap Peran Advokasi di Bidang Ketenagakerjaan Saat Menghadiri Kongres Ulama Perempuan Indonesia.

Jepara– Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan, hadir pada acara pembukaan Kongres Ulama Perempuan Indonesia (Kupi) ke-2 pada Kamis (25/11/2022) di Jepara. Menaker berharap Kupi tetap memberikan peran advokasi bagi masyarakat, khususnya di bidang ketenagakerjaan.

Menaker mengatakan, Kupi berhasil menunjukkan peran strategisnya saat mengadvokasi UU TPKS. Ia berharap Kupi tetap mendukung RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT).

“Tentu saya berharap teman-teman Kupi juga mendukung RUU PPRT. Oleh karena itu, forum kongres ini diharapkan dapat mendorong beberapa butir yang akan menjadi UU PPRT.” Kata Menaker.

Peningkatan kompetensi sumber daya manusia Indonesia, khususnya perempuan, menjadi permasalahan lanjutan yang harus diusung Kupi, menurut Menaker. Masalah keahlian SDM berperan dalam tingginya proporsi perempuan yang bekerja di pekerjaan rumah tangga.

“Dengan peran fatwa dan ilmu para ulama perempuan di Indonesia, saya yakin program pemberdayaan perempuan akan mendapat dorongan besar dalam kemajuannya,” ujarnya.

Menaker menambahkan, kegiatan kampanye Kupi juga diperlukan untuk program Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menempatkan pekerja migran asal Indonesia. Sebab, masih banyak perempuan PMI yang menjadi korban perdagangan manusia ilegal berkedok ditempatkan di PMI.

“Saya juga berharap Kupi ini dapat membantu memitigasi kebutuhan perempuan untuk bekerja di luar negeri, bukan bekerja secara non-prosedural, tetapi bekerja secara prosedural,” ujarnya.

Biro Humas Kemnaker

Sumber : https://indonesiakini.go.id/berita/9307996/hadiri-kongres-ulama-perempuan-indonesia-menakerharap-peran-advokasi-di-bidang-ketenagakerjaan

No Comments

Post A Comment