Loader
 

Manaker Tinjau Kegiatan Pemagang PesertaBidang Tata Operasi Darat di Bandara Narita

Manaker Tinjau Kegiatan Pemagang PesertaBidang Tata Operasi Darat di Bandara Narita

Narita–Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengunjungi ANA Holding di Narita, Jepang pada Kamis (1/12/2022) dalam rangka meninjau kegiatan Magang Peserta Tata Operasi Darat (Ground Handling) di Bandara Narita.

Salah satu perluasan lapangan pemagangan baru yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan tambahan 2.000 peserta magang adalah bidang Ground Handling.

Menaker mengatakan, masa penempatan untuk bidang Grounding Handling hanya satu tahun (Technical Intern Training 1B) namun peserta yang ditempatkan memiliki kemampuan bahasa Jepang level N4 bersertifikat.

Hal ini bertujuan untuk memastikan peserta sesampainya di Jepang akan dibimbing oleh Accepting Organization (AO) untuk mengikuti Ujian Kompetensi Tenaga Specific Skill Workers (SSW), sehingga jika lulus maka peserta dapat melanjutkan Program SSW selama 5 tahun.” ucap Menaker.

Program SSW yang merupakan program ideal sebagai kelanjutan dari Technical Intern Training Program (TITP) diharapkan dapat terus berlanjut melalui program penempatan peserta magang pada profesi Ground Handling.

“Dimana peserta mengikuti magang di suatu perusahaan selama satu tahun terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan Program SSW selama 5 tahun berikutnya tanpa kembali ke Indonesia,” ujar Menaker.

Ia mengatakan, peserta akan mampu beradaptasi dan meningkatkan standar pekerjaannya melalui prosedur penempatan pada tahun pertama sebelum mengikuti program SSW selama lima tahun berikutnya dan bekerja di Jepang.

“Diharapkan kerjasama dengan ANA Holding semakin besar dan berkembang baik dari sisi program pemagangan maupun program SSW,” ujarnya.

Biro Humas Kemnaker

Sumber: https://indonesiakini.go.id/berita/9312149/menaker-tinjau-aktivitas-pemagangan-peserta-bidangtata-operasi-darat-di-bandara-narita
No Comments

Post A Comment