Loader
 

Menteri Ketenagakerjaan Resmikan Pengembangan Kampung Kompeten dan Produktif di Semarang

Menteri Ketenagakerjaan Resmikan Pengembangan Kampung Kompeten dan Produktif di Semarang

Semarang—pada Kamis, 15 Desember 2022, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meresmikan pengembangan “Kampung Kompeten Produktif” di Dusun Semilir, Ngemplak, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Angklung dibunyikan secara bersamaan oleh Ida Fauziyah, Dirjen Binalavotas Budi Hartawan, dan Bupati Semarang Ngesti Nugraha menandai diresmikannya komunitas produktif dan kompeten ini.

“Saya mengharapkan program pengembangan kampung kompeten produktif ini, dapat diterapkan di masyarakat, sehingga akan terwujud penerapan prinsip-prinsip produktivitas di masyarakat untuk meningkatkan produktivitas, perluasan kesempatan kerja, peningkatan kesejahteraan desa, dan meningkatkan pertumbuhan tenaga kerja yang produktif di desa,” katanya.

Ida Fauziyah menyatakan, masyarakat diberikan program pengembangan kompeten ini sebagai bukti bahwa Kementerian Ketenagakerjaan memahami pentingnya peran pemerintah sebagai regulator dan fasilitator dalam meningkatkan tingkat produktivitas walaupun di suatu kampung di daerah-daerah.

Kementerian Ketenagakerjaan berharap dapat meyakinkan seluruh pemangku kepentingan melalui program ini bahwa peningkatan produktivitas berjalan seiring atau bersamaan dengan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Hal ini berarti menurunkan tingkat pengangguran dan meningkatkan standar K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di lingkungan masyarakat kampung.

Program Pengembangan yang disebut “Program Pembangunan Kampung Kompeten Produktif” pada Tahun 2022 telah diluncurkan di 10 wilayah. yaitu Kecamatan Kudus, Mojokerto, Madiun, Mamasa, Pekalongan, Dieng, Demak, Karawang, Semarang, dan Tebet (Jakarta).

“Program kampung kompeten produktif ini, bukanlah sekedar merefleksikan program peningkatan produktivitas untuk masyarakat kampung belaka. Lebih dari itu, program ini juga melambangkan spirit dan komitmen untuk terus membangun keunggulan kampung di tengah perubahan,” kata Budi Hartawan

Biro Humas Kemnaker

Sumber: https://blkaceh.kemnaker.go.id/menaker-resmikan-pengembangan-kampung-kompetenproduktif-di-semarang/
No Comments

Post A Comment